11 PESEPAKBOLA IRLANDIA TERBAIK SEPANJANG MASA

Dalam beberapa tahun terakhir, negara Irlandia telah menghasilkan banyak pesepakbola yang berkualitas. Salah satu kualitas bintang muda mereka yang telah naik daun melalui jajaran divisi domestik adalah Ryan Manning, yang baru saja bergabung dengan klub Queens Park Rangers serta klub Dundalk yang berhasil mencetak Richie Towell yang disebut-sebut sebagai pesepakbola muda terbaik.

Selain itu banyak pesepakbola berasal dari Irlandia yang telah bermain di sejumlah klub besar seperti Manchester United, Juventus, Chelsea, Celtic, Barcelona, Tottenham Hotspur, Arsenal dan masih banyak lagi. Dan inilah 15 pesepakbola Irlandia terbaik sepanjang masa, diantaranya adalah :

1. Roy Keane

Salah satu ikon permainan. Seorang pemimpin. Seorang pejuang dan pemenang. Itulah beberapa gambaran tentang Roy Keane saat dirinya sedang berada di puncak kejayaan. Ia awalnya meniti karir di Nottingham Forest dan kemudian hijrah ke Manchester United, ‘Keano’ tentu mengenal betul arti kerja keras dan dedikasi sehingga dirinya dapat mencapai ke tempat yang diinginkan.

Menjadi skuad inti Setan Merah, menjabat kapten dalam waktu singkat, memegang gelar bergengsi dan medali yang didapat dari Inggris maupun Eropa adalah bukti nyata kecemerlangannya selama ini. Namun namanya sempat dicap jelek lantaran secara sengaja mentakle Alf Inge-Haaland hingga cedera parah. Bagaimanapun juga, Roy Keane tetaplah seorang pesepakbola terbaik dari Irlandia sepanjang masa.

2. George Best

Saat dirinya bergelimpangan harta dan ketenaran, ia harus terjatuh ke dalam dunia alkoholisme yang menyebabkan masalah bagi dirinya khususnya di karir profesionalnya. Banyak yang mengatakan jikalau para penonton menyukai gaya permainannya. Sentuhan-sentuhannya yang khas acapkali membodohi para bek lawan selama bertahun-tahun.

Para fans sangat mengingat momen terbaik George Best yang terjadi pada tahun 1971 di Divisi Liga Pertama, saat itu Best sedang berlari sejauh 12 yard dari kiri dan berhasil melewati 4 bek sekaligus kiper lalu menembakkan bola ke dalam gawang.

3. Robbie Keane

Salah satu pesepakbola yang paling setia dengan Irlandia sejak tahun 1998. Robbie Keane adalah sosok pemain yang tidak pernah menyerah mengejar keberhasilan dan kemenangan di lapangan. Ia adalah pencetak gol terbanyak di timnas Irlandia dengan membukukan 65 gol, dan mantan bintang Tottenham Hotspur ini masih berkesempatan untuk melampaui rekor gol Gerd Muller (68 gol).

Kini Keane bermain di MLS bersama LA Galaxy dan tetap menjadi seorang pencetak gol yang baik. Di mata para fans, ia adalah seorang pemimpin sejati dan seorang atlet yang luar biasa meskipun belum pernah memenangkan penghargaan bergengsi.

4. Liam Brady

Sekarang Liam Brady berprofesi sebagai komentator di televisi, namun dulu, ia adalah salah satu pesepakbola terbaik yang berasal dari Irlandia. Ia pernah bermain di Serie A Italia bersama 3 klub besar seperti Juventus, Sampdoria dan Inter Milan. Ia memulai karir pertamanya di Arsenal dan akhirnya kembali ke Arsenal sebagai Direktur Akademi. Setelah memenangkan 2 gelar domestik Italia serta Piala FA, ia pun memutuskan untuk gantung sepatu. Di luar lapangan, Brady selalu melatih para bintang muda Irlandia.

5. Johnny Giles

Kini Johnny Giles sudah berusia 74 tahun dan berprofesi sebagai komentator di lembaga penyiaran nasional RTE. Ia adalah pesepakbola terbaik yang memulai karirnya di Manchester United sebagai gelandang yang baru berumur 15 tahun dan berhasil memenangkan Piala FA sebelum hengkang ke Leeds United untuk mendapatkan lebih banyak lagi penghargaan. Bersama rekan setimnya Billy Bremmer, mereka berdua membentuk pasangan tangguh untuk Peacocks dan berhasil memenangkan Piala Liga, Piala FA dan Charity Shield.

6. Paul McGrath

Paul McGrath selalu berjuang keras untuk membuang kebiasaan buruknya yaitu alkoholisme. Sejak terjebak dunia alkohol, karirnya menurun drastis. Namun disisi lain, Paul McGrath adalah pesepakbola terbaik Irlandia yang pernah ada. Pemain yang dijuluki ‘The Black Pearl of Inchicore” selalu menemukan permainan terbaiknya di lapangan. Setelah memulai karirnya dengan St. Patrick Athletic di Dublin dan akhirnya menghabiskan sisa karirnya bersama Manchester United dimana dirinya telah melakoni 163 laga serta mendapatkan sebuah medari juara Piala FA.

7. Shay Given

Setelah dirinya baru saja kembali ke timnas Republik Irlandia menyusul Martin O’Neill dan Roy Keane, sang kiper Shay Given harus memberikan Green Army sebuah dorongan besar karena mereka telah memenuhi syarat untuk mengikuti ajang Euro Perancis 2016 nanti.

Given adalah kiper yang cekatan dan dirinya telah siap untuk membela negaranya. Mantan kiper Manchester City ini mungkin tidak dianggap sukses oleh banyak orang, tetapi setidaknya dia tahu bagaimana rasanya memiliki medali Piala FA yang pernah disampirkan di lehernya.

8. Johnny ‘Jackie’ Carey

Bintang Irlandia lain yang pernah bergabung dengan klub Manchester United adalah Johnny Carey yang seangkatan dengan Patrick O’Connell namun keberhasilan mengesankan mereka terselimuti oleh sejarah waktu. Di masa jayanya, ia seperti Damien Duff karena Carey juga memulai karirnya bersama Home Farm di Dublin.

Selain memenangkan gelar Old First Division serta Piala FA, ia juga telah melakoni 100 caps sehingga waktunya di Manchester United dianggap sebagai salah satu pencapaian terbesar.

9. Damien Duff

Seorang jawara dan pencipta peluang itulah Damien Duff. ‘The Duffer’ kerap mendapatkan rasa hormat dari rekan seklub maupun setimnya karena dialah pemain terbaik yang dapat membaca pola permainan. Mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho pernah memuji keterampilannya dan berkata, “Saya pikir kita sekarang berada di arah yang baik. Para pemain seperti Arjen Robben, Damien Duff dan Joe Cole adalah pemain yang mempunyai nafsu mencetak gol yang besar”.

10. Danny Blanchflower

Setelah membantu memimpin Irlandia Utara ke perempatan final Piala Dunia pada tahun 1958 (walau harus kalah dari Perancis), reputasi Danny Blanchflower berhasil menjadi ikon nyata dalam permainan sepakbola Irlandia. Blanchflower dipuji sebagai pemain Tottenham Hotspur terbaik dalam jajak pendapat 2009 setelah melakoni 330 laga bagi Spurs. Jelas sekali Blanchflower mempunyai tempat yang istimewa di hati pendukung The Lilywhites. Ia membantu Spurs menjadi jawara liga dan mendapatkan piala ganda pada tahun 1960-an, sungguh Blanchflower adalah pahlawan nyata bagi Spurs.

11. Patrick O’Connell

Kapten Irlandia pertama sekaligus salah satu pemain Manchester United yang berbakat, ia pernah menjadi penyelamat Barcelona pada tahun 1930. Prestasi Patrick O’Connell di dunia sepakbola sangat mengesankan. Sayangnya kisah suksesnya kurang diketahui oleh orang banyak dan jarang menerima pujian yang seharusnya diberikan kepadanya.

Saat klub Barcelona hampir bangkrut kala melakoni tur Amerika Serikat, O’Connell selaku pelatih berhasil mengumpulkan sejumlah dana yang diperlukan. Karir cemerlangnya sempat dirusak oleh skandal peraturan pertandingan serta Perang Dunia II, “Don Patricio” tentu tidak memiliki perjalanan karir yang mudah tetapi setidaknya ia telah memenangkan Home Nations Championship.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *